Jumat, 11 Maret 2011

DAMPAK EKONOMI DARI KEMACETAN

BI 2 SOFTSKILL 2011

DAMPAK EKONOMI DARI KEMACETAN

Indonesia merupakan Negara yang termasuk dalam catatan dunia yaitu Negara yang padat akan penduduknya. Selain padat penduduknya, Negara ini juga termasuk dalam daftar Negara yang tingkat kemacetannya tertinggi. Jakarta adalah kota yang paling tinggi tingkat kemacetannya. Selain Ibu kota Negara, Jakarta merupakan pusat kegiatan Pemerintahan di Indonesia. Salah satunya pusat kegiatan dalam sektor ekonomi.

Sudah sering terlihat dan terdengar di berbagai media informasi tentang kemacetan. Kemacetan adalah situasi atau keadaan tersendatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas yang disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan yang menumpuk melebihi kapasitas jalan. Banyak pula sebab terjadinya kemacetan, seperti banjir, ada perbaikan atau pembangunan jalan, terjadi kecelakaan lalu lintas, antrian pada pintu told an sebagainya. Kalau di perhatikan, banyak dampak yang ada akibat kemacetan. Misalnya dari sektor perekonomian.

Kemacetan kendaraan dapat menurunkan pendapatan masyarakat di kalangan menengah kebawah. Hal tersebut dikarenakan pemborosan dalam hal belanja. Yakni belanja BBM yang di gunakan oleh masyarakat sebagai bahan bakar kendaraan, pembelian onderdil yang rusak. Tetapi perusahaan BBM dan perusahaan penjual spareparts kendaraan bermotor dapat meningkatkan penjualannya. Di karenakan masyarakat akan semakin membutuhkannya. Jadi timbul suatu simbiosis (hubungan) yang ada dari dampak kemacetan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar