Marketing Research atau riset pemasaran adalah proses pengumpulan data, pengolahan, analisis yang akan digunakan dalam mengambil keputusan di bidang pemasaran dan jasa.
Riset Pemasaran menurut Malhotra (1996) merupakan identifikasi, pengumpulan, analisis dan penyebarluasan informasi secara sistematis dan obyektif dengan tujuan untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan berkaitan dengan identifikasi dan pemecahan masalah dan peluang dalam bidang pemasaran.
Jadi dapat dikatakan bahwa riset pemasaran adalah suatu proses dimana pengumpulan dan pengolahan data lalu penganalisisan secara ilmiah dan sistematis yang pada akhirnya akan digunakan oleh manajemen dalam mengambil keputusan dalambidang pemasaran.
Kriteria Riset Pemasaran
a. Relevan
Menghasilkan informasi yang dibutuhkan untuk merespon tantangan atau
menyelesaikan masalah pemasaran yang dihadapi perusahaan.
b. Tepat Waktu
Hasil penelitian selesai tepat pada waktunya
c. Efisien
Setiap riset pemasaran harus memberikan nilai tambah lebih besar dari pada biaya
yang telah dikeluarkan.
d. Obyektif
Agar hasil penelitian berkualitas baik, sehingga kesalahan interpretasi dapat
dihindari.
Elemen Penting Riset Pemasaran
1. Merupakan kegiatan yang sistematis, tercermin dalam tahap perencanaan,pengumpulan, analisis & pelaporan.
2. Bersifat objektif.
3. Merupakan penerapan metoda ilmiah dalam pemasaran
Sumber :
http://www.cgtrainingnetwork.com/detil_public_training/10-705%20-%20Marketing%20Research.pdf
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pemasaran_dan_komunikasi/Bab%209.%20Riset%20Pemasaran.pdf
Perbanyak lagi Mas content blognya. Isinya sudah bagus & sangat menarik. Hal ini sejalan dengan beberapa penelitian kami (yang sebagian besar sudah diPUBLIKASIkan pada beberapa Jurnal Ilmiah)...dapat dibaca (click) di...
BalasHapushttp://www.slideshare.net/KenKanaidi/publikasi-ilmiah-peneliti-marketing-yang-berdedikasi-kanaidi-se-msi