Selasa, 09 November 2010

RISET PEMASARAN

Marketing Research atau riset pemasaran adalah proses pengumpulan data, pengolahan, analisis yang akan digunakan dalam mengambil keputusan di bidang pemasaran dan jasa.

Riset Pemasaran menurut Malhotra (1996) merupakan identifikasi, pengumpulan, analisis dan penyebarluasan informasi secara sistematis dan obyektif dengan tujuan untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan berkaitan dengan identifikasi dan pemecahan masalah dan peluang dalam bidang pemasaran.

Jadi dapat dikatakan bahwa riset pemasaran adalah suatu proses dimana pengumpulan dan pengolahan data lalu penganalisisan secara ilmiah dan sistematis yang pada akhirnya akan digunakan oleh manajemen dalam mengambil keputusan dalambidang pemasaran.

Kriteria Riset Pemasaran

a. Relevan

Menghasilkan informasi yang dibutuhkan untuk merespon tantangan atau

menyelesaikan masalah pemasaran yang dihadapi perusahaan.

b. Tepat Waktu

Hasil penelitian selesai tepat pada waktunya

c. Efisien

Setiap riset pemasaran harus memberikan nilai tambah lebih besar dari pada biaya

yang telah dikeluarkan.

d. Obyektif

Agar hasil penelitian berkualitas baik, sehingga kesalahan interpretasi dapat

dihindari.

Elemen Penting Riset Pemasaran

1. Merupakan kegiatan yang sistematis, tercermin dalam tahap perencanaan,pengumpulan, analisis & pelaporan.

2. Bersifat objektif.

3. Merupakan penerapan metoda ilmiah dalam pemasaran

Sumber :

http://www.cgtrainingnetwork.com/detil_public_training/10-705%20-%20Marketing%20Research.pdf

http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pemasaran_dan_komunikasi/Bab%209.%20Riset%20Pemasaran.pdf

http://file.upi.edu/Direktori/B%20-%20FPIPS/PRODI.%20MANAJ.%20PEMASARAN%20WISATA/RINI%20ANDARI/Riset%20Pemasaran/Riset%20Pemasaran.pdf

1 komentar:

  1. Perbanyak lagi Mas content blognya. Isinya sudah bagus & sangat menarik. Hal ini sejalan dengan beberapa penelitian kami (yang sebagian besar sudah diPUBLIKASIkan pada beberapa Jurnal Ilmiah)...dapat dibaca (click) di...
    http://www.slideshare.net/KenKanaidi/publikasi-ilmiah-peneliti-marketing-yang-berdedikasi-kanaidi-se-msi

    BalasHapus