Selasa, 09 November 2010

MEMPOSISIKAN PRODUK

Posisi produk adalah kedudukan merk atau produk pada peta persepsi dan preferensi konsumen terhadap kedudukan merk-merk atau produk-produk pesaingnya.

Secara umum pengertian posisi produk meliputi:

  1. Persepsi dan preferensi konsumen adalah mencerminkan pasar sasaran.
  2. persepsi dan preferensi konsumen mencerminkan manfaat produk secara fungsional ataupun nonfungsional menurut pandangan konsumen,.
  3. kedudukan produk menurut pemikiran konsumen adalah relatif yang dapar digambarkan pada suatu peta persepsi (perceptual map) atas produk yang termasuk dalam kelas produknya.

Penentuan posisi produk adalah merupakan pandangan dari persepsi konsumen. Oleh karena itu pemasar harus merancang usaha agar posisi produknya berada pada persepsi konsumen dan mendekati preferensi (keinginan) konsumen.

Kompnen posisi produk

  1. Produk-produk dalam kelas produk atau struktur pasar akan saling bersaing.
  2. Pasar berperilaku heterogen yang dapat dikembangkan proses segmentasi pasar.
  3. Persepsi maupun preferensi produk dan pesaing-pesaingnya dapat digambarkan pada peta persepsi.
  4. Masing-masing produk menawarkan atribut manfaat kelas produk (product class concept) yang dapat diterima oleh pemikiran konsumen.

Strategi merancang posisi produk :

  1. Posisi berdasarkan atribut produk.

Suatu produk dapat dilihat berbeda oleh konsumen menurut atribut produk, misalnya : kualitas, harga, penampilan, atau desainnya.

  1. Posisi berdasarkan pada manfaat produk.

Posisi produk dapat dibedakan terhadap produk pesaing menurut kegunaan produk, fungsi atau manfaatnya. Misalnya: kedudukan pakaian santai berbeda dengan pakaian formal.

  1. Posisi yang mendasarkan penggunaan produk.

Suatu produk dapat diposisikan untuk penggunaannya pada saat-saat kondisi tertentu. PC (personal computer) dapat dibedakan kedudukannya menurut pemakaian menetap, sedangkan Laptop digunakan untuk kepentingan di perjalanan.

  1. Posisi berdasarkan pemakaian produk.

Posisi produk dapat dibedakan secara langsung sesuai dengan perbedaan atau kekhususan pemakai produk. Misalnya pemakaian kendaraan menurut kepentingan keluarga jelas berbeda dengan posisi kendaraan untuk niaga.

  1. Posisi yang membedakan langsung dengan pesaing.

Posisi produk dapat dirancang berbeda secara langsung terhadap produk-produk pesaing dengan menyinggung atau menyebut atribut produk pesaingnya.

Langkah-langkah penempatan posisi produk:

  1. Identifikasai pembedaan-pembedaan produk yang mempunyai keunggulan terhadap produk pesaing. Pembedaan-pembedaan tersebut dapat di klasifikasikan dalam hal fisik produk, pelayanan, personel, maupun citra produk.
  2. Memilih dan menentukan pembedaan produk yang paling efektif.
  3. Menyebarluaskan informasi keunggulan produk yang ditawarkan dan mendistribusikan produknya agar dapat dicapai dengan mudah oleh konsumen.

Sumber ;

Budiarto, teguh, Dasar Pemasaran, Universitas Gunadarma, Jakarta.

1 komentar:

  1. Titanium Quartz Art - Titanium Arts
    Tithmium Art titanium mountain bikes is raft titanium an Art-Based Creation by titanium mens rings T.C.G.I.S. Studio. Tithmium Art is a creation studio that titanium industries focuses on producing art that cerakote titanium is used in creating unique

    BalasHapus