Minggu, 19 Desember 2010

PRODUK POSITIONING

Pengertian Positioning.

Dalam ilmu pemasaran, positioning adalah cara yang dilakukan oleh marketer untuk membangun citra atau identitas di benak konsumen untuk produk, merk atau lembaga tertentu. Positioning adalah membangun persepsi relatif satu produk dibanding produk lain. Karena penikmat produk adalah pasar, maka yang perlu dibangun adalah persepsi pasar. Reposisi produk sangat ditentukan dari sudut pandang mana konsumen melihat citra produk kita, apabila kita menerapkan family branding dalam mengembangkan produk, maka keseluruhan citra perusahaan akan sangat mempengaruhi citra produk.

Re-positioning merupakan kegiatan yang melibatkan penggantian identitas produk , jalinan kompetitor yang ada dan mengubah citra yang ada di benak konsumen.

De-positioning merupakan kegiatan untuk mengganti jalinan kompetitor, tujuannya adalah untuk mengganti segmen pasar dan kegiatan ini mengharuskan pemilik merk untuk mengubah citra produk yang ada di benak konsumen.

Strategi Positioning Produk.

Kemampuan untuk mengidentifikasi peluang positioning merupakan ujian yang berat bagi seorang marketer. Keberhasilan satu positioning biasanya berakar pada berapa lama produk tersebut mempunyai keunggulan bersaing. Untuk itu perlu ada strategi dalam positioning. Beberapa hal mendasar dalam membangun strategi positioning satu produk antara lain :

· Positioning pada fitur spesifikasi produk

· Positioning pada spesifikasi penggunaan produk

· Positioning pada frekuensi penggunaan produk

· Positioning pada alasan mengapa memilih produk tersebut dibanding pesaing

· Positioning melawan produk pesaing

· Positioning dengan melakukan pemisahan kelas produk

· Positioning dengan menggunakan simbol budaya/kultur

Proses Positioning Produk

Pada umumnya, proses postioning produk melibatkan :

  • Mendefinisikan ke segmen pasar mana produk tersebut akan disaingkan
  • Mengidentifikasikan dimensi atribut dan kemasan untuk menentukan seberapa besar pasar
  • Mengumpulkan informasi dari konsumen tentang persepsi mereka tehadap produk dan produk pesaing
  • Mengukur seberapa jauh persepsi konsumen terhadap produk
  • Mengukur seberapa besar pasar produk pesaing
  • Mengukur kombinasi target pasar untuk menentukan variabel marketing dalam melakukan marketing mix
  • Menguji ketepatan antara

1. Daya saing produk kita dengan produk pesaing

2. Posisi produk kita dalam persaingan

3. Posisi vektor idela dalam marketing mix

Sumber:

http://msuyanto.com/baru/?cat=650

http://manajemenproduk.blogspot.com/2006/02/positioning.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar